Minggu, 03 November 2013

ringkasan tugas softskill kelompok 7


Konsep Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen dipengaruhi oleh psikologi, lingkungan, budaya, pendapatan,  kebutuhan dan kesenangan. Konsumen membeli barang ataupun jasa bisa diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan ataupun untuk kesenangan.
Produsen seringkali berusaha mempengaruhi  konsumen untuk membeli produk yang mereka ciptakan.  Cara mempengaruhinya adalah dengan promosi produk tersebut.
Pemasaran produk dilakukan dengan menentukan segmentasi pasar, target dan cara mempromosikan produk tersebut. Perihal yang mempengaruhi perilaku pembeli diantaranya kebutuhan, rangsangan, produk, harga dan merk.
Peran dalam proses pengambilan keputusan
·         peran masing-masing dapat bertindak oleh orang tua , anak atau anggota lain dari pusat membeli.
siapa
·         inisiator
·         influencer
·         penentu
·         pembeli
·         pengguna

Pengaruh pada Perilaku Konsumen
Kultural
·         luas & terdalam pengaruh
·         budaya & subkultur
·         kelas sosial
Sosial
·         Keluarga
·         peran dan status ( multiple ) Sosial
·         kelompok Referensi
·         Keanggotaan - primer vs sekunder
·         Aspiratif vs disosiatif
Pribadi
·         Umur
·         tahapan daur hidup
·         Pekerjaan
·         keadaan ekonomi
·         Lifestyle
·         Kepribadian
·         Konsep diri
Psikologis
·         Motivasi
·         Persepsi
·         Belajar
·         Keyakinan
·         Sikap

Kriteria pemilihan
-          atribut & variabel konsumen menggunakan ketika mengevaluasi produk & jasa
-           anggota yang berbeda untuk membeli pusat jelas dapat menggunakan kriteria yang berbeda
-          misalnya seorang remaja atau WAG ( citra diri ) , orang tua ( untuk bayi ) , mampu OAP ( harga atau pengurangan risiko )
Teknis
-          keandalan
-          ketahanan
-          kinerja
-          gaya / terlihat
-          kenyamanan
-          pengiriman
-          kenyamanan
-          rasa
Ekonomi
-          harga, VfM
-          biaya operasional
-          nilai sisa
-          biaya siklus hidup
Sosial
-          Status
-          rasa memiliki sosial
-          busana
Pribadi
-          citra diri
-          pengurangan risiko
-          moral
-          emosi
Masalah Konsumen - Pemecahan Kategori
-          Routinised ( kebiasaan )
-            ulangi membeli .
-            Iklan dapat mempengaruhi perubahan - juga promosi ( 2 untuk 1 ) , branding untuk menjaga produk dalam pikiran pelanggan
-          Terbatas pemecahan masalah ( LPS )
-          pembeli memiliki beberapa pengalaman , mungkin memeriksa harga dll Pembeli dapat beriklan untuk merangsang & membandingkan atau mengurangi risiko perpindahan merek
-          diperpanjang masalah solving ( EPS )

F
FFaris Mujahiddin (11211710)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar